Konsep Pemotretan Di Luar Ruangan

Membuat konsep pemotretan luar ruangan jauh lebih menarik dibanding konsep indoor. Hasil potret yang dilakukan di luar ruangan jauh berbeda dengan dilakukan di dalam ruangan, hasilnya pun dinilai memiliki keunggulan tersendiri baik suasana, cahaya dan background.

Konsep pemotretan luar ruangan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan seorang fotografer outdoor. Konsep utama ini sangat penting dipahami sebab mampu mempengaruhi kualitas pemotretan saat berada di luar ruangan. Faktor penentu kualitas pemotretan konsep outdoor adalah kemampuan fotografer, pose maupun ekspresi objek atau model yang akan difoto, kostum, aksesoris atau properti yang dikenakan harus sesuai, serta lokasi pemotretan.

Selain itu, ada lagi yang perlu diperhatikan saat Anda ingin melakukan konsep pemotretan di luar ruangan.

  1. Angle
    Contoh konsep pemotretan luar ruangan yang menarik yaitu foto pre-wedding. Seperti fotografer professional, konsep outdoor bisa diterapkan pada foto prewed. Pahami juga empat faktor utamanya. Pemilihan Angle dan Type of Shot juga harus disesuaikan. Angle adalah sudut pandang saat memotret sedangkan Type of Shot adalah istilah dari foto Close Up.
  2. Balance
    Dalam menggunakan konsep pemotretan luar ruangan harus memperhatikan keseimbangan gambar (balance). Misalnya saja saat memotret di area pantai, terkadang pemotret tidak memperhatikan background. Jangan sampai objek yang difoto bertolak belakang dengan keadaan backround. Tentu untuk bisa mengatur keseimbangan, memang tergantung pada sang fotografer.
  3. Pencahayaan
    Konsep pemotretan luar ruangan bisa dengan memanfaatkan cahaya alami namun sebaiknya hindari backlight. Bisa juga memperindah gambar dengan mengatur background menjadi terlihat blur. Konsep ini paling banyak dilakukan karena terlihat menarik.
  4. Focus point
    Terakhir, dalam membuat konsep pemotretan di luar ruangan harus tetap menempatkan titik fokus. Fotografer harus paham bagaimana menempatkan obyek (manusia) yang akan difoto pada area yang sesuai seperti fokus pada tubuh bagian mata, atau anggota badan lain yang bisa membuat hasil gambar terlihat luar biasa.

Itulah beberapa konsep pemotretan luar ruangan yang bisa dicoba untuk mengukur kemampuan baik fotografer pemula maupun professional. Hasil dari bidikan konsep outdoor pun juga akan lebih berbeda dan berani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *