Lebih Jauh Tentang Perbedaan Kamera Full Frame VS Non Frame

Hadirnya berbagai jenis kamera yang saat ini berkembang di dunia fotografi ternyata juga menjadikan adanya hal baru akan istilah kamera full frame dan kamera non frame. Secara teknis, ada perbedaan kamera full frame dan non frame yang menjadikan setiap hasil jepretan akan terlihat berbeda hal ini disebabkan bahwa jenis kamera full frame memiliki keunggulan yang bisa dibilang lebih baik jika dibandingkan dengan kamera non frame atau kamera crop sensor.

Berikut perbedaan yang cukup mencolok dari dua jenis kamera tersebut yang perlu Anda pahami.

  1. Kualitas foto

Jika berbicara mengenai perbedaan kamera full frame dan non frame yang dilihat dari sisi kualitas foto yang dihasilkan, maka bisa dikatakan bahwa kamera full frame yang memiliki sensor besar akan menghasilkan kualitas foto yang sangat baik dan sebaliknya. Akan tetapi, hal ini juga tetap tergantung dari kualitas dari lensa yang dipakai. Jika lensa yang dipakai buruk, maka kualitas gambar pada kamera full frame juga akan nampak tidak menarik.

  1. Jangkauan fokal lensa

Hal lain yang menjadi perbedaan kamera full frame dan non frame adalah jangkauan fokal lensa. Untuk membedakan dua jenis kamera ini bisa dilakukan dengan memasangkan lensa yang sama pada dua jenis kamera ini. Dengan cara ini, maka bisa dilihat bahwa kamera full frame akan menghasilkan jangkauan fokal lensa yang cukup lebar dan hal ini tidak pada kamera non frame, serta jangkauan fokal lensa terlihat lebih sempit.

  1. Penggunaan lensa

Perlu anda ketahui kaitannya dengan perbedaan kamera full frame dan non frame ini. Dalam hal ini, segala jenis lensa tidak selalu cocok untuk dipasangkan pada jenis kamera full frame, sebab pihak produsen lensa selalu mendesain lensa dengan ukuran yang disesuaikan dengan kamera non frame. Dengan demikian, semua lensa yang tidak sesuai dengan kamera full frame akan sesuai dengan kamera non frame.

  1. Harga

Jika berbicara mengenai perbedaan kamera full frame dan non frame, maka hal ini tidak terlepas dari harga yang beredar di pasaran. Kaitannya dengan penggunaan sensor pada kamera full frame yang ukurannya cukup besar menjadikan sensor semacam itu akan sangat sulit didapatkan di pasaran dan jika ada, harganya juga pasti mahal. Hal ini tentunya berbeda dengan kamera non frame yang bisa dibeli dengan harga 4-5 jutaan.

Perbedaan kamera full frame dan non frame memang sangatlah mencolok dan hal ini juga mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Selain kualitas, tentunya perbedaan ini juga terdapat pada harga belinya yang jauh berbeda. Itulah beberapa perbedaan kamera full dan non frame.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *