Memahami Kode-Kode Pada Kamera DSLR

Siapapun itu pasti akan merasa bangga ketika menggunakan hingga mampu mengoperasikan kamera canggih DSLR dengan sangat baik. Yah, kamera DSLR adalah salah satu kamera favorit para fotografer professional. Kemampuannya dalam membidik objek, ditambah mode setting-nya yang menarik mampu menghasilkan bidikan yang luar biasa. Namun tahukah bila dibalik kecanggihan kamera, terdapat kode-kode kamera DSLR yang harus diperhatikan.

Istilah atau kode-kode kamera DSLR sering dijumpai pada jenis lensa kamera. Misalnya pada kamera tertentu kode yang sering ditemukan yaitu :

  1. EF (Electrofocus)

Jenis lensa EF (Electrofocus) adalah lensa sensor full frame dengan diameter lensa yang besar. Cara mengetahui adanya kode ini ditandai dengan titik merah dibagian belakang. Jenis lensa EF cocok untuk pemula.

  1. EF-S (Electrofocus- Short Back)

Sedangkan lensa EF-S (Electrofocus- Short Back) adalah lensa yang didesain khusus non full frame sebab ukuran sensornya sangat kecil. Kamera jenis ini ditandai dengan titik putih di bagian belakang.

  1. FL (Focal Length)

FL (Focal Length) adalah rentan fokal lensa atau jangkauan pandang lensa (satuan mm). Bila nila FL semakin kecil, maka jangkau tangkap lensa juga kecil (misal 60-200mm).

  1. IS (Image Stabilitazion)

Fungsi kode IS (Image Stabilitazion) yaitu untuk meredam adanya getaran ketika seseorang membidik objek dengan speed atau kecepatan rendah. Cara ini dilakukan agar hasil objek tidak blur.

  1. UMS (Ultra Sonic Motor)

Fungsi UMS untuk mengatur fokus balik dengan manual/otomatis dengan cara menggeser ring fokus lensa. UMS mampu menangkap objek gambar dengan setting fokus lebih cepat serta menghemat baterai.

  1. Aperture/ Diafragma

Kode-kode kamera DSLR ditandai dengan simbol f/.. atau rentan maksimal yang berfungsi mengatur cahaya yang masuk kedalam sensor contohnya F/4-1.8.

Contoh membaca kode-kode kamera DSLR yang dijumpai:  Canon EF 50mm f/1.8. Kode lensa kamera maksudnya, lensa merek Canon memiliki satu jangkauan fokus 50mm yang berarti lensa bukanlah lensa zoom, memiliki sensor full frame (EF) dan diatur secara manual.

Demikian kode-kode kamera DSLR yang bisa Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *