Mengenal Krop Faktor Pada Kamera Digital

Ketika kamu belajar fotografi, selain kamu akan mengenal berbagai teknik yang terkait dengan cara mendapatkan hasil jepretan yang sangat baik, kamu juga akan belajar tentang apa itu krop faktor pada kamera digital. Pengetahuan terhadap krop faktor sangatlah penting bagi siapa saja yang selalu bergelut dengan kamera digital kesayangannya.

Apa itu Krop Faktor?

Pada dasarnya, krop faktor pada kamera digital merupakan istilah dalam fotografi yang akan membandingkan antara ukuran hasil jepretan sebuah foto dengan ukuran referensi. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa ukuran referensi merupakan ukuran dari sebuah film yang sebesar 35 mm. Dari adanya pengertian krop faktor semacam itu, pada dasarnya, krop faktor kamera digital merupakan suatu perbandingan antara diagonal film yang memiliki panjang sebesar 35 mm dengan diagonal sensor pada sebuah sensor yang terdapat pada kamera digital.

Ketika kamu mempelajari terkait dengan krop faktor pada kamera digital, maka salah satu jenis kamera yang dilengkapi dengan ukuran gambar sensor sebesar 35 mm dikatakan sebagai kamera full frame yang seperti beberapa merk yang dijual di toko elektronik seperti halnya dengan kamera Nikon D4, Canon 1Dx. Tidak hanya itu saja, pada jenis kamera yang memiliki sensor di bawah 35 mm, maka jenis kamera ini dinamakan sebagai kamera krop seperti jenis kamera APS-C.

Pedoman Krop Faktor pada kamera digital

Pada krop faktor pada kamera digital ada berbagai jenis yang patut untuk dijadikan sebagai pedoman.

Tipe Kamera Digital Crop Factor
1/2.5“ (kamera poket biasa) 5.6
1/2.3“ (kamera compacts and superzooms layaknya Canon Powershot SX Series 5.2
1/1.8“ (kamera compacts high-end layaknya Canon Powershot G1-G7) 4.5
1/1.7” (kamera compacts high-end seperti Canon Powershot G1-G7) 4.2
2/3” (Fujifilm X10) 3.6
Nixon 1/CX 2.7
Sigma Foveon X3 1.7
Canon APS-C 1.6
General APS-C (Nikon DX, Pentax K, Samsung  NX, Sony a DR & NEX 1.5
Canon APS-H 1.3
35mm Full Frame 1.0

Itulah beberapa hal terkait dengan krop faktor pada kamera digital yang perlu kamu pelajari sebagai pemula dalam dunia fotografi. Dengan cara ini, maka pihak pelanggan akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *