Mengenal Lebih Jauh Tentang Shutter Speed Bagi Pemula

Dalam dunia fotografi, Anda juga harus mengenal tentang shutter speed yang sangat membantu dalam mendapatkan sebuah gambar yang tidak kabur dengan efek yang sangat menarik. Dalam panduan shutter speed untuk pemula, penggunaan shutter speed ini akan membantu dalam mempertajam foto yang dihasilkan sehingga anda bisa menambahkan efek yang lebih menarik pada gambar tersebut.

Selain itu, dengan menggunakan shutter speed ini, maka Anda bisa menantukan eksposure yang nantinya akan mempengaruhi hasil jepretan.

  1. Pengertian Shutter Speed

Dalam panduan shutter speed untuk pemula, terlebih dahulu Anda mengetahui tentang posisi dari shutter speed pada sebuah kamera. Ketika Anda melihat bagian kamera secara detail, maka Anda akan menemukan sebuah flap kecil yang terletak di depan sensor. Flap inilah yang selanjutnya disebut dengan shutter speed yang akan membuka dan menutup untuk mencapai sensor secara cepat untuk membatasi cahaya yang masuk sehingga terciptalah sebuah foto.

  1. Mengukur kecepatan shutter

Untuk mengukur kecepatan shutter, anda bisa mencoba panduan shutter speed untuk pemula yang akan membantu Anda dalam mengetahui cepat lambatnya shutter tersebut. Secara teori, shutter ini memiliki satuan detik. Sebagai contoh, jika kecepatan rana 1/100, maka bisa diartikan 0,01 detik yang mana hal ini merepresentasikan banyaknya cahaya yang mengenai sensor per sekian detik. Untuk kamera digital keluaran hari ini dilengkapi dengan fitur yang bisa mengatur lamanya shutter tersebut terbuka.

  1. Menentukan shutter yang baik

Pada panduan shutter speed untuk pemula, Anda harus mengetahui shutter speed yang terbaik di mana beberapa kamera memiliki modus otomatis yang akan mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk untuk mencapai sensor secara otomatis. Sayangnya, hal ini tidak selalu menghasilkan gambar yang memiliki kualitas terbaik juga. Dalam memilih shutter speed yang bagus, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti mewaspadai resiko kamera goyang, motion blur, pencahayaan dan efek kreatif.

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia fotografi, maka Anda juga perlu mengetahui panduan shutter speed untuk pemula guna membantu dalam menghasilkan suatu gambar yang menarik. Penggunaan shutter speed perlu diketahui oleh pemula karena shutter speed ini berkaitan dengan banyak sedikitnya cahaya yang akan mencapai sensor yang akhirnya membentuk sebuah foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *