Teknik Panning dalam Fotografi

Dalam ilmu fotografi, panning adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membekukan gerakan objek. Intinya, teknik panning fotografi ini dilakukan saat memotret objek dengan menggerakkan kamera searah gerakan objek, sehingga objek yang dibidik tampak fokus sementara background-nya terlihat kabur.

Cara melakukan teknik panning fotografi cukup mudah namun membutuhkan latihan berkali-kali hingga hasilnya terlihat professional. Teknik panning yang praktis ini bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Sebaiknya jangan menggunakan tripod agar pergerakan Anda saat membidik menjadi lebih luwes. tetapi ada juga yang menggunakan tripod atau monopoid dengan head yang bisa berputar lembut bila lensa kamera panjang
  2. Sebelum memulai teknik panning fotografi, atur terlebih dahulu mode kamera ke dalam mode Sutter Priority (atau disingkat S/TV).
  3. Pilihlah Shutter Speed yang lebih rendah dari yang sering digunakan. Atur mode Shutter Speed diantara angka 1/30sec – 1/8sec.
  4. Carilah objek bergerak apa pun itu seperti objek burung, manusia, kendaraan, dan sebagainya. Lebih baik pilih objek yang memiliki latar belakang unik seperti latar belakang yang berwarna-warni agar objek yang dipanning nanti terlihat lebih menarik.
  5. Posisikan diri di tempat dimana objek yang akan dibidik tidak terhalang oleh benda atau orang apapun sehingga saat Anda sedang membidik, tidak mengganggu hasil bidikan.
  6. Arahkan kamera mengikuti objek yang bergerak, pencetlah tombol release agar fokus, dan jangan mengambil objek dengan gerakan mendadak/kejut yang bisa mengakibatkan gambar terlihat buruk.
  7. Bila kamera Anda memiliki auto-focus, biarkan kamera melakukan fokus sesuai gerakan objek. Tetapi bila kamera tidak memiliki fasilitas auto-focus, maka cukup lakukan pra fokus pada kamera dengan menekan tombol Shutter.
  8. Lakukan teknik panning fotografi dengan menekan tombol Shutter secara terus mengikuti arah gerak objek hingga proses pengambilan gambar obyek selesai.
  9. Terakhir, dalam melakukan teknik panning harus dilakukan dengan rutin, dan berlatih terus agar semakin handal.

Demikian teknik panning fotografi yang mudah dilakukan. Teknik ini bisa dilakukan pada objek manapun yang akan Anda bidik. Intinya, latihan akan membantu Anda mendapatkan gambar panning yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *